Nama : Luh Sudiasih
Nim : 1311011068
Kls : MP.B/6
http://undhirabali.ac.id/
TUGAS 6
A.
TOKOPEDIA
Kelebihan Tokopedia untuk Penjual
- Adanya
fitur diskusi. Selain bisa mengirim pesan, calon pembeli juga bisa
baca-baca diskusi produk yang akan dibelinya, atau juga bisa ikut diskusi
dengan calon pembeli yang lainnya.
- Adanya
fitur promosi produk gratis. Ini sangat membantu para penjual, dengan
fitur gratis ini, si penjual bisa melakukan promosi. Tapi promosi gratis
ini dibatasi, yaitu satu jam sekali.
Kekurangan Tokopedia untuk Penjual
- Data
informasi pribadi tidak tertutup. Ini memungkinkan data informasi pribadi
penjual dapat dicuri, dan dimanfaatkan untuk aksi penipuan.
- Fitur
berbayar untuk penjual cukup mahal
B.
OLX
Kelebihan beriklan di
OLX
·
Iklan cepat direspon
pembeli
Salah satu kelebihan
atau keunggulan yang diberikan situs OLX adalah respon cepat dari pembeli .
Setelah iklan kita diterima oleh pengelola situs atau setelah melewati
moderasi, tak perlu menunggu lama ponsel kita akan berdering. Pembeli yang
sejatinya “potensial” ini langsung menanyakan ketersediaan produk begitu juga
dengan lokasi penjual. Kelebihan inilah yang tidak dimiliki situs jual beli
listing lainnya sehingga olx menjadi idaman para online shop .
·
Tidak perlu sundul
Dibandingkan dengan
forum jual beli seperti fjb kaskus atau fjb lainnya, olx tidak perlu melakukan pos pada
iklan tersebut agar iklan naik ke posisi teratas. Fitur iklan terkait dalam
satu wilayah menguntungkan penjual yang memiliki iklan tayang kemarin. Meskipun
iklan sudah diposisi bawah, manakala ada iklan sejenis yang baru diposting,
otomatis iklan kita akan terlihat juga pada menu iklan terkait.
·
OLX Indonesia
menyediakan berbagai pilihan barang dan jasa, baik baru maupun bekas, dan
bermacam alternatif yang mencakup seluruh daerah di Indonesia. Selain itu,
apabila ingin melakukan kontak dengan penjual yang memasang iklan di OLX
Indonesia, tidak diharuskan untuk registrasi terlebih dahulu. Situs ini juga
menyediakan tab spesifikasi produk atau jasa yang dibutuhkan, seperti merk,
tipe, tahun maksimum dan minimun, serta harga maksimum dan minimum. OLX
Indonesia juga tersedia dalam bentuk Mobile Version dan Official Application
for Android. Tidak ada biaya untuk pemasangan iklan, kecuali apabila meminta
layanan promosi tambahan (promo point)untuk iklan-iklan yang dipasangkan. Biaya
yang dikenakan tersebut hanya bersifat “dianjurkan” buka “diharuskan”. Jadi,
apabila tidak ingin menggunakan layanan promosi tambahan, anda tidak perlu
membayar sepersenpun.
Kekurangan beriklan di OLX :
·
Pembeli kurang
edukasi
Mungkin untuk online
shop yang memiliki stok sendiri di rumah tak perlu khawatir manakala pembeli
dari olx tanya lokasi dimana. Nah, yang jadi masalah adalah bagi dropshipper.
Meskipun beberapa pembeli yang menanyakan lokasi penjual bisa digiring menjadi
konsumen online, namun mereka kurang mengetahui hakikat jual beli online dengan
metode transaksi transfer bank.
Permasalahan seperti
pembeli tidak punya rekening, tidak tahu cara transfer, tidak punya atm
seringkali menjadi tameng alasan pembeli untuk mengurungkan niatnya membeli
barang secara online. Kenyataan yang ada, situs OLX yang sejatinya untuk
beriklan barang bekas justru digunakan untuk menjual barang baru dan umumnya
penjual tersebut tidak menerima opsi ketemuan atau CoD.
·
Harga
dibanding-bandingkan
Namanya juga gratisan,
tentu ada kelemahan yang harus diterima. Namun, paling menyebalkan apabila
harga dibanding-bandingkan dengan penjual lain. Fitur iklan terkait pada
OLX memang bermanfaat, namun apabila harga yang ada terjadi selisih
tinggi antara penjual satu dengan yang lainnya tentu penjual dengan harga
terendah yang akan banyak dilihat.
·
Masa tayang iklan
terbatas
Normalnya, iklan di
olx hanya bertahan selama 7 hari. Setelah itu, iklan kita akan dinonaktifkan
meskipun kita bisa menyegarkan iklan namun hanya akan bertahan dalam beberapa
hari saja. Maksimal satu bulan tayang .
·
Iklan terbatas
Setiap pengguna di OLX
hanya diberikan jatah iklan 10 buah dengan catatan iklan harus beda semua.
Apabila kita punya 15 produk utama yang mau dipasarkan, otomatis hanya 10 buah
saja yang bisa diiklankan. Meskipun kita bisa mengakali dengan menambah jumlah pengguna,
tapi mereka pengelola situs mengetahui bahwa ID pengguna itu milik kita
sebelumnya sehingga meskipun ada 10 pengguna yang kita miliki, jatah iklan
tetap 10. Berarti dengan 10 ID pengguna hanya 1 iklan saja per ID yang bisa
digunakan.
·
Konsumen suka menelpon
Konsumen dari OLX
lebih menyukai menghubungi penjual dengan cara menelpon. Memang terkesan biasa
saja atau tidak ada masalah, namun bagi sebagian online shop tata cara menelpon
pembeli dari OLX ini kurang sopan dan mengganggu. Otomatis kalau via telepon,
kita tidak bisa mengakali konsumen ini untuk menggunakan transaksi transfer
bank sebagaimana transaksi jual beli online yang sesungguhnya.
·
Kemungkinan terjadinya
berbagai macam penipuan sangat besar karena penyediaan layanannya yang gratis
dan terbuka untuk umum.
C.
BHINNEKA.COM
Kelebihan
Beberapa keunggulan yang dimiliki situs Bhinneka antara lain :
Beberapa keunggulan yang dimiliki situs Bhinneka antara lain :
§
Katalog
yang terstruktur dengan baik.
§
User
dapat mengunduh file katalog dan harga dalam format pdf.
§
Memiliki
script pengubah kurs mata uang sesuai yang diinginkan customer.
§
Tawar
online
§
Photography
page (all about camera)
§
Mobile
version (khusus untuk diakses melalui mobile phone)
§
DropDown
menu (memudahkan navigasi dalam mengakses web/blog)
§
Rancang
sendiri (build your own PC)
§
JNE
(jasa pengiriman)
§
e-Care
(garansi produk (untuk notebook) 24 bulan)
§
Payment
confirmation e-mail & SMS (notifikasi, apabila uang telah diterima pihakbhinneka.com)
§
Service
tracking (ketahui sendiri kondisi barang anda yang sedang diservice teknisibhinneka.com)
§
Help/FAQ
Beberapa kekurangan dari fitur yang ada pada website Bhinneka.com yaitu :
§
Salah
satu fitur yang kurang dari bhinneka.com dari situs toko online lainnya yaitu, fitur
simulasi yang membuat calon pembeli menjadi lebih mudah mengetahui harga
komputer rakitan yang ingin dibeli.
§
bila
kita perhatikan deskripsi produk di bhinneka.com masih menggunakan dual bahasa, padahal akan
lebih baik bila bhinneka.com tersedia
dalam dua versi bahasa, dan banyak lho situs yang dual mode bahasanya tapi
tidak nyampur jadi satu. Bahasa yang dicampur ini akan membuat pengunjung
kurang nyaman, dan membuat beberapa dari mereka kurang mengerti (asumsi tidak
semua pengunjung dapat berbahasa Inggris dengan baik) apabila spesifikasi
produk hanya tersedia dalam Bahasa Inggris.
§
URL
yang digunakan oleh bhinneka.com belum
“ramah” kepada mesin pencari seperti google, yahoo, dll. karena URL yang
digunakan tidak berdasarkan jenis produk atau kategori produk, sehingga bila
kita mencari di google dengan menggunakan nama-nama produk praktis URL daribhinneka.com tidak akan terindex. JAdi
bila pembaca pada suatu saat nanti ingin membuat situs toko online, maka
gunakanlah URL yang ‘ramah’ mesin pencari supaya calon pembeli lebih cepat
menemukan situs Anda.
D. LAZADA
Kelebihan Lazada
1. Beraneka Ragam Produk Tersedia
Jika kita pergi kesuatu toko yang menjual sedikit jenis barang
tentu akan membuat kita berfikir kalau ditoko tersebut kurang bagus untuk
melakukan pembelanjaan lawong barangnya saja cuma sedikit. Nah di Lazada
terdapat banyak sekali barang dan beraneka ragam walaupun masih didominasi oleh
produk elektronik. Barang selain eletronik juga tersedia peralatan rumah
tangga, perlengkapan bayi, mainan, alat musik, alat olahraga, buku, tas, alat
kecantikan dan lain-lain. Jadi kita bisa langsung belanja banyak produk di
lazada.
2. Banyak Diskon Menarik Yang Di Tawarkan
Diskon merupakan salah
satu hal yang sangat diinginkan oleh konsumen karena konsumen dapat menghemat
uang. Lazada beberapa hari terakhir ini seringkali memberikan diskon kepada
pelanggannya ada yang dikisaran dibawah 10% hingga diskon diatas 30 persen
untuk beberapa produk tertentu. Produk yang beberapa hari yang lalu saya beli
dari lazada merupakan produk yang didiskon 20% dari harga awal, lumayan untuk
menghemat bukan?
3. Website yang user friendly
Bagi orang awam
belanja ditoko online terkadang menyulitkan dan membingungkan, tapi tidak
dengan belanja di lazada. Karena diwebsite mereka memiliki tampilan yang
menarik dan navigasi yang jelas serta panduan yang cukup mudah dimengerti
sehingga kita sebagai konsumen tidak akan tersasar didalam website mereka.
Selain itu di lazada.co.id juga menampilkan produk-produk unggulan sehingga
memudahkan konsumen untuk mengetahui barang yang laris dan direkomendasikan.
4. Bebas Ongkos Kirim
Ongkos kirim terkadang
menjadi sesuatu yang menakutkan untuk berbelanja online karena cukup mahal
untuk barang yang ukurannya besar. Namun Lazada memberikan kemudahan bagi para
pelanggannya dengan menggratiskan ongkos kirim ke lebih dari 100 kota di
Indonesia dan tentunya ini cukup bagus untuk perkembangan lazada kedepan karena
pasti konsumen memilih yang ongkos kirim gratis.
5. Bisa COD (Cash On Delivery)
Terkadang dalam
belanja online terdapat beberapa ketakutan seperti barang tidak sampai dan
takut ditipu, tapi di pelayanan ini anda dapat melakukan pembayaran di tempat
pada saat anda menerima barang sehingga terhindar dari penipuan. Tapi saat ini
mungkin baru ada di daerah jakarta sebab saat saya pesan barang untuk di
Bandung tidak ada fasilitas COD.
6. Pengiriman Barang Cepat
Sebagai pembeli pasti mengharapkan barang yang ia beli cepat
sampai dan tidak terjadi kerusakan ataupun cacat, Lazada sepertinya
tahu persis kebutuhan konsumen itu oleh karena itu mereka melakukan pengiriman
barang yang cepat setelah pembayaran diterima.
Kekurangan Lazada
1. Konfirmasi Pembayaran Cukup Lama
Sebagai pembeli juga
tentu ingin segera mendapatkan kepastian dalam berbelanja, saya rasa konfimasi
pembayaran diterima oleh pihak lazada cukup lama sehingga sedikit membuat
pembeli khawatir. Sebagai contoh pengalaman saya pribadi saat konfirmasi
pembayaran pukul 10an pagi dan baru menerima konfirmasi pembayaran diterima
pukul 3 sore tentu ini waktu yang lumayan tapi masih tergolong cepat karena
masih pada hari yang sama. Tapi tentu lebih menyenangkan lagi kalau hanya
memerlukan beberapa menit saja untuk mendapatkan konfirmasi.
2. Fasilitas COD masih belum bisa dibanyak kota
Fasilitas COD yang
ditawarkan memang bagus untuk konsumen tapi sayangnya untuk saat ini masih
untuk kota jakarta dan sekitarnya saja sebab saya di Bandung tidak bisa COD,
mungkin untuk lebih memuaskan pelanggan dan meningkatkan kepercayaan pelanggan
tentu fasilitas COD di setiap kota bisa diterapkan.
E. ZALORA INDONESIA
1. Kelebihan
a. Dapat di lihat melalui HP
b. Tampilannya yang menarik
c. Barang dapat di kembalikan jika
tidak puas dengan barang yang sudah di pesan dan di beli dengan syarat &
ketentuan yang berlaku.
d. Gratis ke seluruh Indonesia.
Tanpa minimum untuk Jabodetabek. Untuk Pulau Jawa, Bali, Sumatera dan
Kalimantan, akan dikenakan biaya pengiriman jika pembelian di bawah Rp 200,000.
Untuk Wilayah Indonesia Timur dan Nusa Tenggara, akan dikenakan biaya
pengiriman jika pembelian di bawah Rp 300,000.
2. Kekurangan
a. Websitenya semakain berat
b. Kurang begitu mengupdate yang
terbaru
Untuk
analisis grafik penjualannya menurut saya semakin banyak yang mengunjungi dan
tertarik untuk berbelanja maka grafiknya akan naik sebaliknya jika tidak banyak
yang mengunjungi dan tidak begitu puas dengan apa yang sudah debeli maka
grafiknya pun akan menurun.
materi yang disusun dengan rapi dan lengkap, terima kasih atas postingannya sangat bermanfaat
BalasHapusMy blog