Jumat, 29 April 2016

5 Perusahaan Yang Menerapkan sistem E-Commerce

Nama : Luh Sudiasih
Nim : 1311011068
Kls : MP.B/6
http://undhirabali.ac.id/

 TUGAS 5


1. Situs E-Commerce Tokopedia

Situs e-commerce pertama yang paling sukses mendominasi pasar online Indonesia adalah Tokopedia.com. Didirikan pada tanggal 6 Februari 2009 oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison, PT.  Tokopedia kini telah menjelma sebagai salah satu pelaku e-commerce terbesar di Indonesia.
Bagaimana tidak, situs yang pertama kali muncul dalam versi beta ini telah berhasil menjadi situs marketplace online dengan tingkat kunjungan paling tinggi di Indonesia, yakni di peringkat 55 menurut situs web pengukur tingkat dan kualitas kunjungan Alexa.com per tanggal 1 April 2013. Dengan 20 ribu merchant, 56 ribu anggota terdaftar dan ratusan ribu produk yang dimiliki, Tokopedia telah mampu mencatatkan transaksi yang mencapai miliaran rupiah.

2. OLX (Tokobagus+Berniaga)

Sebelum diakuisisi OLX pada bulan Mei 2014, TokoBagus.com merupakan salah satu situs iklan baris terbesar di Idnonesia. Situs yang diinvestasi oleh Myriad International Holdings (MIH) ini mengakomodasai para penggunanya untuk mengiklankan berbagai macam jenis barang yang ingin dijual secara gratis.
Dengan kunjungan yang mencapai 100 ribu perharinya, toko online yang didirikan tahun 2005 ini terus bertumbuh dengan pesat hingga kemudian menarik OLX untuk mengakuisisi situs ini. TokoBagus.com sendiri kala itu mendapatkan keuntungan dari iklan komersial dan biaya keanggotaan premium yang ditawarkan bagi para pengguna setianya.
Salah satu pesaing TokoBagus saat itu adalah Berniaga.com. Tanpa disangka Berniaga menjadi situs iklan baris yang juga berkembang pesat. Situs ini beroperasi di bawah bendera perusahaan PT 701Search ini telah beroperasi sejak Desember 2009 dan menawarkan pemasangan iklan gratis di berbagai kategori seperti properti, kendaraan, elektronik, dan lain-lainnya.
Kemajuan yang ditunjukkan oleh toko jual beli online yang memiliki slogan “Jual beli mudah di berniaga.com” ini kemudian juga menarik OLX untuk mengakuisisnya pada 14 Januari 2015.

3. Bhinneka

Situs e-commerce berikutnya yang telah merajai perdagangan online Indonesia adalah Bhinneka.com. Dengan berfokus pada penjualan perangkat-perangkat IT atau #teknologi, Bhinneka telah mampu bersaing dan juga tumbuh pesat dengan mencatat transksi yang mencapai 400 transaksi dari 2 persen total kunjungan online perharinya.
Sistem penjualan Bhinneka sendiri cukup menarik karena selain menjual secara online, pihak Bhinneka juga membuka toko offline yang tersebar di beberapa lokasi di wilayah Jakarta. Toko offline ini dibuka untuk mengakomodir para konsumennya yang tak memiliki akses terhadap jaringan #internet.

4. Lazada Indonesia

Toko online yang dijuluki Amazon-nya Asia ini juga tak bisa dilewatkan dari daftar situs e-commerce terbesar di Indonesia. Dilaunching tahun 2012 kemarin, Lazada Indonesia memfasilitasi para online shopper Indonesia untuk berbelanja aneka jenis produk mulai dari elektronik, buku, mainan anak, hingga alat kesehatan dan produk kecantikan. Dengan basis dan jaringan pada perusahaan raksasa ritel asal Jerman bernama Rocket Internet, tentu Lazada Indonesia menjadi sangat kuat dalam hal pendanaan dan pengorganisasiannya.

5. Zalora Indonesia

Terakhir, situs e-commerce yang telah mendominasi pasar online di Indonesia adalah Zalora Indonesia. Sebagai salah satu cabang dari Zalando, situs belanja online terbesar Eropa, Zalora Indonesia mengkhususkan layanannya pada kebutuhan fashion dari beragam brand terkenal baik produk lokal maupun internasional. Sejak berdiri pada tahun 2012 lalu, Zalora Indonesia telah mampu bersaing dalam ketatnya e-commerce Indonesia dan akhirnya menjadi salah satu situs online yang laris manis.

6. PT.Telkom Indonesia
Penyedia layanan e-Commerce di Indonesia baru mencapai 3% meski pengguna Internet diperkirakan telah mencapai sebanyak 31 juta orang dan 159 juta orang lainnya Internet berbasis nirkabel. Dengan masih sedikitnya pemain di e-Commerce maka portal e-Commerce Plasa.Com yang dikelola anak usaha Telkom PT Metranet diharapkan dapat turut menggairahkan e-commerce di Tanah Air.
Portal e-commerce Plasa.com yang dikelola oleh anak perusahaan Telkom PT Metranet fokus pada penyelenggaraan tiga layanan, yaitu e-Commerce, Content dan Communication. Portel itu diharapkan dapat mendorong pertumbuhan pasar, mengembangkan UKM (Usaha Kecil Menengah) dalam negeri serta meningkatkan enterpreneurship melalui penyediaan platform online shopping.
Dalam menyediakan layanan konten, Plasa.com mengembangkan platform sebagai penghimpun konten (content agregator) serta memungkinkan pelanggan menikmati beragam konten, termasuk konten hiburan. Sementara itu dalam layanan Communication, Plasa.com menyediakan berbagai aplikasi seputar komunikasi online serta beragam fasilitas layanan iklan sebagai media komunikasi bagi para pebisnis dengan pelanggannya. Telkom telah melakukan studi banding ke Jepang dan Korea untuk mengembangkan e-Commerce dengan target mendorong para pelaku UKM yang berada di bawah binaan Telkom melalui Program Kemitraan untuk bergabung dalam portal Plasa.com.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar