A. Nama : Luh Sudiasih
Nim : 1311011068
Kls : MP.B/6
http://undhirabali.ac.id/
TUGAS 1
PENGERTIAN HARDWARE
Nim : 1311011068
Kls : MP.B/6
http://undhirabali.ac.id/
TUGAS 1
PENGERTIAN HARDWARE
Pengertian dari hardware
atau dalam bahasa indonesianya disebut juga dengan nama perangkat keras
adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa
dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang
berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.Hardware dapat
bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga
disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang
dapat dimengerti olehhardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan
berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.
Bagian utama pada computer adalah CPU (Central
Processing Unit), yang berfungsi sebagai otak dari computer. Untuk dapat
bekerja, CPU memerlukan alat masukan untuk memasukan informasi ataupun
perintah. Hasilnya akan di keluarkan melalui alat keluaran. Informasi ataupun
data dapat juga di ambil dan di simpan dari dan ke media penyimpanan.
Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang
merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja
sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi,
akan mengakibatkan tidak berfungsinya suatu komputer dengan baik. Komponen
komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware).
Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
1.
Input divice (unit masukan)
2.
Process device (unit Pemrosesan)
3.
Output device (unit keluaran)
4.
Backing Storage ( unit penyimpanan)
5.
Periferal ( unit tambahan)
a.
Keyboard
Jenis-Jenis Keyboard :
1)
QWERTY
2)
DVORAK
3)
KLOCKENBERG
b.
Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input
device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara
cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding
dengankeyboard . Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi
telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik
sebagaiinput device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai
dengan pergeseran atau pergerakannya.
c.
Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita
temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari.
Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad
adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
d.
Light
Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang
digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light
pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya kekomputer yang
kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal
elektronik setiap baris per detik.
e.
Joy
Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan
(games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle
biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan
tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalamkomputer.
f.
Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input
device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk
kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam
bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan,
minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket
atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya
dengan barcode.
g.
Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat
berfungsi untuk meng copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan
ke dalam memorikomputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam
harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy,
perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan
scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga
kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan
kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar.
h.
Kamera
Digital
Perkembangan
teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari
kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih
bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan
scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya.
Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan
pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa.
Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera
tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke
komputer.
i. Mikropon dan Headphone
Unit
masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan
dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita
dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan
pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras
lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker
untuk mendengarkan suara.
j.
Graphics
Pads
Teknologi
Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin
mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini
merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang
digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang
dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada
bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch
sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian
diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif
sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah
dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
k.
Touch screen
Touch screen mempunyai kemampuan
menampilkan dan menerima informasi langsung pada layar yang sama. dengan
demikian, kita dapat langsung berinteraksi dengan computer tanpa
menggunakan mouse ataupun keyboard. Terkadang kita
cukup meyentuhkan jari langsung pada layar atau memerlukan alat tambahan
seperti light penataupun jarum khusus
2.
Unit keluaran (output
device)
Alat keluaran
bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk mengelarkan hasil
pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media
yang dapat di baca oleh manusia ataupun dapat di gunkan sbagai penyimpanan data
hasil proses.
Jenis-Jenis Unit
Keluaran
1)
Monitor
Monitor komputer adalah alat keluaran yang dapat
menampilkan gambar yang dihasilkan komputer komputer tanpa rekaman permanen.
Monitor komputer biasanya menggunakan teknologi tabung sinar katode (CTR= cathode
ray tube), atau dapat juga terdiri atas panel datas seperti TFT LCD (liquit crystal display)
2)
LCD
Proyektor
LCD Pryektor mempunyai kegunaan seperti monitor,
hanya saja gambar yang di keluarkan akan di tampilkan di layar atau sembarang
permukaan yang datar. Alat ini sering di gunakan untu presentasi atau
pertunjukan. Keberadaan LCD Proyektor ini mulai menggantikan Slide
Projector ataupun OHP (Over Head Projector)
3)
Printer
Printer adalah alat keluaran yang menghasilkan hard
copy dari dokumen yang di simpan dalam bentuk elektronik, biasanya
pada media fisik seperti kertas ataupun transparansi. Secara singkat printer
dapat menghasilkan teks, tulisan ataupun gambar dari komputer yg di cetak pada
media seperti kertas. Biasanya printer di hubungkan langsung ke komputer dengan
menggunakan kabel printer atau kabel USB yang mempunyai dokumen yang akan di
cetak.
4)
Speaker
Speaker komputer adalah speaker eksternal yang biasanya
di lengkapi dengan jack plug stereo 1/8 inci
untuk sound card computer. Terkadang orang menghubungkan sound
card dengan speaker USB.
B.
PENGERTIAN SOFTWARE
Software
(perangkat lunak, merupakan program-program komputer yang berguna untuk
menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Program tersebut
ditulis dengan bahasa khusus yang imengerti oleh komputer.
Software
terdiri dari beberapa jenis, yaitu;
Sistem
Operasi, seperti DOS, Unix, Linux, Novell.OS/2,Windows, adalah software yang
berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer
sehingga masing-masingnya dapat saling berkomunikasi. Tanpa ada sistem operasi maka
komputer tak dapat difungsikan sama sekali.
Program Utility, seperti Norton
Utility, Scandisk, PC Tools, dll. Program utility barfungsi untuk membantu atau
mengisi kekurangan/kelemahan dari system operasi, misalnya PC Tools dapat
melakukan perintaah format sebagaimana DOS, tapi PC Tools mampu memberikan
keterangan dan animasi yang bagus dalam proses pemformatan. File yang telah di
hapus oleh DOS tidak dapat dikembalikan lagi tapi dengan program bantu hal ini
dapat dilakukan.
Program Aplikasi, seperti GL,MYOB,Payroll
dll. Merupakan program yang khusus melakukan suatu pekerjaan tertentu, seperti
program gaji pada suatu perusahaan. Maka
program ini hanya digunakan oleh bagian keuangan saja tidak dapat digunakan
oleh departemen yang lain. Biasanya program aplikasi ini dibuat oleh seorang
programmer komputer sesuai dengan permintaan/kebutuhan
seseorang/lembaga/perusahaan guna keperluan interennya.
Program
Paket, seperti Microsoft office, Adobe fotoshop, macromedia studio, open office
dll Adalah program yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat digunakan oleh
banyak orang dengan berbagai kepentingan. Seperti MS-office, dapat digunakan
oleh departemen keuangan untuk membuat nota, atau bagian adminstrasi untuk
membuat surat penawaran dan lain sebagainya.
Bahasa
Pemrograman, PHP, ASP, dBase, Visual Basic dll. Merupakan software yang khusus
digunakan untuk membuat program komputer, apakah itu sistem operasi, program
paket dll.
Bahasa
pemograman ini biasanya dibagi atas 3 tingkatan yaitu;
1)
Low Level
Language, bahasa pemrograman generasi pertama, bahasa pemrograman jenis ini
sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin. Biasanya
yang mengerti hanyalah pembuatnya saja.
2)
Middle Level Language,
merupakan bahasa pemrograman tingkat menengah dimana penggunaan instruksi sudah
mendekati bahasa sehari-hari, walaupun begitu masih sulit untuk dimengerti
karena banyak menggunakaan singkatan-singkatan seperti STO artinya simpan
(singkatan dari STORE) dan MOV artinya pindah (singkatan dari MOVE). Yang tergolong
dalam bahasa ini adalah Assembler, For Tran (Formula Translator).
3)
High Level
Language, merupakan bahasa tingkat tinggi yang mempunyai ciri mudah dimengerti,
karena menggunakan bahasa sehari-hari, seperti BASIC, dBase, Visual Basic, VB.
Net dan lain-lain.
Perangkat Lunak Aplikasi
a Pengolah Kata
Contoh :
Word Star, Chi Writer, Ms Word, dll
b
Spread Sheet
Contoh :
Lotus, Excel, SPSS, dll
c
DBMS
Contoh :
Dbase, Access, FoxPro, dll
d
Multimedia
Contoh :
Media Player, Winamp, Pinnacle Studio, dll
e
Aplikasi Games
Contoh : Mini Games,
Heavy Games, dll
C.
PENGERTIAN
BRAINWARE
Brainware adalah manusia yang
terlibat dalam mengoperasikan serta mengatur sistem di dalam komputer.
Diartikan juga sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan
mengeksplorasi kemampuan dari Hardware maupun Software.
Brainware termasuk bagian
penting dari sebuah sistem komputer. Hardware tidak dapat bekerja tanpa adanya
Software, sedangkan Software dan Hardware tidak dapat bekerja tanpa adanya
Brainware. Jadi 3 komponen ini saling terkait dan saling membutuhkan.
Konsep Hardware – Software –
Brainware adalah merupakan konsep Tri Tunggal yang tidak bisa
dipisahkan satu dengan lainnya. Untuk tahap pertama, manusia hasrus memasukkan
program terlebih dahulu ke dalam komputer. Setelah program tersimpan di dalam
komputer, maka komputer baru bisa bekerja untuk membantu manusia di dalam
menyelesaikan persoalan ataupun pekerjaannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar